Abstract:
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan video pembelajaran pada mata pelajaran Pindidikan Lingkungan Hidup materi pembibitan tanaman dikelas VI SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research And Development (R&D). Model pengembangan yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media video pembelajaran materi pembibitan tanaman dilakukan melalui 4 tahap melalui model Borg dan Gall yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, dan evaluasi. Hal ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi system pembelajaran pada situasi pandemic yang membatasi prosedur penelitian ini hanya sampai 4 tahap. Akan tetapi hal ini telah mencukupi dan mencapai tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahu prosedur pengembangan dan mengetahui kelayakan pengembangan. Hasil uji validasi ahli media media video pembelajaran materi pembibitan tanaman mata pelajaran Pendidikan Lingkungan hidup di SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin mendapatkan rerata skor sebesar 4.4 dengan koefisien 88 % maka kriteria kelayakan termasuk dalam kriteria “sangat layak” sedangkan hasil uji validasi ahli materi mendapatkan rerata skor sebesar 4.00 dengan koefisien 80% maka kriteria kelayakan termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Sedangkan respon siswa mendapatkan rerata skor sebesar 4.00 dengan koefisien 80% maka kriteria kelayakan termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran materi pembibitan tanaman dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, video pembelajaran, pendidikan lingkungan hidup, pembibitan tanaman