Abstract:
ABSTRAK
Ikkram, Muhammad Nur. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Siklus Hidup Hewan Menggunakan Model Get Mind Stick (Group Investigation, Mind Mapping, Talking Stick) pada Siswa Kelas 4 SDN Basirih 5 Banjarmasin. Skripsi Program S1, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Drs. H. Ramadi, M.Pd
Kata Kunci: Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar siswa, Model Get Mind Stick (Group Investigation, Mind Mapping, Talking Stick).
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 4 SDN Basirih 5 Banjarmasin pada materi siklus hidup hewan. Hal ini disebabkan karena pada saat proses pembelajaran siswa kurang berpartisipasi aktif sehingga sulit untuk membuat pembelajaran menjadi bermakna, model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran masih kurang mampu membuat siswa mudah dan cepat untuk memahami dan mengonsep materi yang dipelajari, dan pembelajaran kurang membuat siswa lebih giat dan siap dalam belajar. Permasalahan inilah yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah KKM yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti tertarik menggunakan model Get Mind Stick (Group Investigation, Mind Mapping, Talking Stick) dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi siklus hidup hewan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setting penelitian adalah kelas 4 SDN Basirih 5 Banjarmasin tahun 2021/2022, dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru yaitu pada skor 26-32 berada pada kategori sangat baik, aktivitas siswa berada pada persentasi 82?ngan kategori sangat aktif, dan hasil belajar mencapai 81%.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus II pertemuan 2 mendapat kategori sangat baik dengan skor 31. Aktivitas siswa siklus II pertemuan 2 mendapat kategori sangat aktif dengan persentase 96%. Hasil belajar siswa siklus II pertemuan 2 yaitu mencapai 95%.
Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan model Get Mind Stick (Group Investigation, Mind Mapping, Talking Stick) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi siklus hidup hewan dan hipotesis diterima. Disarankan penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi siklus hidup hewan.