Abstract:
Teknologi dan pendidikan pada kurikulum 13 ditekankan untuk harus bersinergi. Sesuai yang tercantum dalam kurikulum 13, TIK diintegrasikan ke dalam pembelajaran. Pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran adalah dengan adanya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan untuk membantu guru dalam menjelaskan materi-materi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi himpunan kelas VII SMP/ MTs dengan menggunakan metode pembelajaran drill and practice. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dari uji coba, yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotabaru. Observasi, angket, tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validitas materi dan lembar validitas media, data hasil belajar peserta didik, serta angket respon guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis web menggunakan teknologi HTML, CSS dan Bootstrap, JavaScript, Mathjax, Canva, dan Firebase. Hasil penilaian validitas oleh ahli materi dan ahli media mendapat hasil valid dengan kriteria sangat tinggi, hasil tes belajar siswa memenuhi ketuntasan klasikal sehingga media dinyatakan efektif, dan kepraktisan dari hasil angket respon guru dan siswa yang memberikan respon yang positif. Sehingga media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran, interaktif, web, himpunan, metode drill and practice