Abstract:
Abstrak. Kurikulum 2013 menuntut agar guru lebih kreatif sedangkan peserta didik dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Namun, berdasarkan observasi masih ditemukan adanya peserta didik yang kurang aktif terlebih saat pelajaran matematika. Oleh sebab itu, guru perlu mencari alternatif untuk menjadikan peserta didik aktif, salah satunya dengan penggunaan LKPD. Hendaknya guru dapat mendesain pembelajaran dengan menggunakan pendekatan yang mengarah pada dunia nyata. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada materi bangun ruang sisi lengkung yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan dengan model 4-D yang memiliki empat tahapan yakni define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Hasil uji kevalidan yang dinilai oleh dua orang validator diperoleh rata-rata kevalidan berdasarkan aspek format, kelayakan isi, dan bahasa yakni 3,45 dengan kriteria sangat valid. Adapun hasil uji kepraktisan yang dinilai oleh enam orang peserta didik dan satu orang pendidik berdasarkan aspek tampilan, penyajian isi, dan manfaat yakni 3,34 dan 3,65 dengan kriteria sangat praktis. Hasil ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.
Kata Kunci: Bangun ruang sisi lengkung, LKPD, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia