Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan berpikir kritis yang rendah, yang berdampak pada rendahnya prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 orang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 orang. untuk ketuntasan individual dan hingga 80% siswa pada ketuntasan klasikal, serta kinerja pendidik yang memenuhi kriteria "Sangat Baik" dan kinerja peserta yang memenuhi kriteria "Sangat Baik". Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap pertemuan mengalami peningkatan dan pertemuan terakhir memenuhi kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa dari pertama kali memenuhi kriteria “Aktif”, kedua kali kriteria “Aktif”, ketiga kali kriteria “Sangat aktif”, dan keempat kali kriteria ““Sangat positif”. Penampilan siswa pada pertemuan akhir secara klasikal selesai. Berpikir kritis pada pertemuan pertama rendah, pertemuan kedua rendah, pertemuan ketiga sedang, dan pertemuan keempat tinggi.