Abstract:
Permasalahan dalam penelitian adalah pembelajaran IPA yang monoton didominasi oleh guru menggunakan metode ceramah yang tidak didukung dengan model atau media pembelajaran dan pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa. Hal ini berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah kelas V SDN Sungai Miai 4 Banjarmasin. Melalui model Project Based Learning , Make A Match dan media Pop-Up Book merupakan alternatif solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Miai 4 tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 26 orang. Pengumpulan data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 20, pertemuan II mendapat skor 22, pertemuan III mendapat skor 26, dan pertemuan IV mendapat skor 30. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 57.69%, pertemuan II memperoleh presentase 69.23%, pertemuan III memperoleh presentase 80.77?n IV memperoleh presentase 92.30%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh persentase 65.38% pertemuan II memperoleh persentase 80.76%, pertemuan III memperoleh mencapai 88.46?n pada pertemuan IV mencapai 100.00% secara klasikal.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning , Make A Match dan Media Pop-Up Book dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.