Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa, aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Penyebab dari pemasalahan tersebut ialah pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan, kurangnya motivasi siswa dalam belajar, pembelajaran masih berfokus pada guru dan kurangnya aktivitas siswa pada pembelajaran sehingga bedampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Upaya mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model Give And Take. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan motivasi, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung 4 kali pertemuan, dengan hasil aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 21 dengan kriteria baik dan pada pertemuan IV mencapai skor 31 dengan kategori “sangat baik”. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 46?ngan kriteria cukup aktif dan pertemuan IV memperoleh 89?ngan kriteria sangat aktif. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 43?ngan kriteria kurang tinggi dan pertemuan IV memperoleh 75?ngan kriteria sangat tinggi". Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 36% siswa tidak tuntas dan pertemuan IV mencapai 89% siswa tuntas.
Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick.