Abstract:
Memasuki era new normal pembelajaran dipersiapkan agar mencegah terjadinya penyebaran virus COVID-19 di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru SMAN 3 Banjarbaru dalam mempersiapkan pembelajaran di era new normal. Sampel dalam penelitian adalah 54 orang guru pendidik di SMAN 3 Banjarbaru. Penentuan sampel ini menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian dari 54 orang guru di SMAN 3 Banjarbaru sudah melakukan strategi dalam mempersiapkan pembelajaran di era new normal seperti menerapkan metode pembelajaran blended learning, penerapan kurikulum 2013 yang berisi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kondisi new normal, sebelum memulai pembelajaran guru mempersiapan materi yang akan disampaikan, saat luring menggunakan bahan ajar cetak dan daring menggunakan aplikasi Google classroom dan Google meet, evaluasi yang diterapkan yakni evaluasi pengetahuan (uraian, isian dan pilihan ganda), evaluasi sikap dilakukan oleh guru mata pelajaran saat pembelajaran dilakukan sedangkan evaluasi keterampilan hanya penilaian produk. Persiapan guru di SMAN 3 Banjarbaru saat pembelajaran di era new normal yakni pembatasan kehadiran siswa saat luring hanya 50%, kondisi sehat, menggunakan masker selama pembelajaran, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dan pembatasan penggunaan ruangan di sekolah. Sarana dan prasarana saat during guru pendidik dan peserta didik harus siap, menerapkan kurikulum darurat, mengembangkan materi pembelajaran, metode pembelajaran bervariasi, sumber dan media belajar berbagai macam, waktu pembelajaran during dan luring diatur sebaik mungkin sesuai kondisi new normal.