Abstract:
Pengambilan keputusan karier adalah penentuan dari perencanaan karier yang
telah dibuat. Pengambilan keputusan karier memerlukan kematangan pemahaman
diri, salah satu upaya meningkatkan pemahaman diri yaitu self verification.
Kurangnya pemahaman diri serta tidak adanya upaya bertukar pikiran dengan orang
disekitar membuat pengambilan keputusan karier pada siswa menjadi kurang optimal.
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan dan menganalisis tingkat self verification
dalam pengambilan keputusan karier pada siswa, serta menggambarkan aspek
Pengambilan keputusan karier pada siswa kelas kelas XII di SMK Negeri 4
Banjarmasin.
Pendekatan penelitian menggunakan mix method dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menyebar angket
pada sampel sebanyak 105 siswa. Sedangkan pengumpulan data kualitatif melalui
wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 5 responden yaitu 3
orang siswa, 1 orang Guru BK, dan 1 orang Guru Mata Pelajaran. Teknik analisis
data kuantitatif menggunakan deskriptif kuantitatif sederhana. Alat ukur
menggunakan skala pengukuran tingkat self verification dalam pengambilan keputusan
karier yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, Teknik analisis data kualitatif
menggunakan model interaktif Miles and Huberman.
Hasil penelitian didapatkan bahwa analisis tingkat self verification dalam
pengambilan keputusan karier di kelas XII memiliki kategori sedang, dengan
gambaran siswa melakukan self verification dalam pengambilan keputusan karier
kepada kerabat dekat dan mendapat informasi karier secara umum dari guru bimbingan dan konseling. Siswa mampu merencanakan dan memutuskan karier sesuai dengan pemahaman diri dan memperhatikan berbagai macam aspek yang ada pada diri dan
lingkungan sekitar.