Abstract:
Muhammad Saufi Al Qadari, D1A215059, Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Helm KYT Di Banjarmasin dibawah bimbingan Hairudinor.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh secara parsial dan simultan kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian helm KYT di Banjarmasin.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 50 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji t bahwa variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai ? yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama (H1) penelitian ini diterima. Kemudian variabel citra merek juga memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0,005 yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai ? yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis kedua (H2) penelitian ini diterima. Sedangkan berdasarkan uji F kualitas produk dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai ? yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga (H3) penelitian ini diterima, kemudian berdasarkan uji koefisien determinasi memiliki nilai Adjusted R Square 0,564 atau sebesar 56,4%, artinya variabel kualitas produk dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 56,4%, sedangkan 43,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat Banjarmasin dalam dalam membeli helm KYT dipengaruhi oleh variabel kualitas produk dan citra merek.
Kata Kunci: kualitas produk, citra merek, keputusan pembelian