Abstract:
Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi semakin pesat. Dunia pendidikan memerlukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Media pembelajaran merupakan salah satu inovasi agar pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media interaktif berbasis web untuk pembelajaran kesebangunan dan kekongruenan menggunakan metode tutorial. Selain itu, penelitian ini bertujuan menguji kelayakan media dan konten pembelajaran. Media interaktif ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE. Uji coba penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 23 Banjarmasin, dengan melibatkan 23 orang siswa kelas IX D sebagai subjek penelitian. Data hasil penelitian yang didapatkan berupa hasil angket dan hasil belajar siswa. Hasil penilaian dari angket validasi media oleh validator media menunjukkan kriteria sangat tinggi, dan dari validator materi menunjukkan kriteria sangat tinggi. Hasil penilaian kepraktisan media dari angket respon guru menunjukkan kriteria sangat praktis, dan dari angket peserta didik juga menunjukkan kriteria sangat praktis. Sementara untuk penilaian keefektifan media ini didapatkan nilai n-gain pada kriteria sedang/efektif. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan tersebut maka media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi kesebangunan dan kekongruenan menggunakan metode tutorial ini dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif.