Abstract:
ABSTRAK M. Jarwo Abdillah, NIM 1810122110027, 2022 Meningkatkan hasil belajar nilai pengetahuan PJOK kompetensi dasar (3.3 dan 4.3) peserta didik kelas XI SMAN 2 Barabai dengan menggunakan model inquiry learning. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. H. Muhammad Mulhim, M.Pd pembimbing (II) Arie Rakhman, S.Pd., M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai pengetahuan peserta didik kelas XI SMAN 2 Barabai dengan menggunakan model pembelajaran inquiry learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Penggunaan jenis penelitian eksperimen pada pendidikan akan dihadapkan pada permasalahan yang menyangkut subyek penelitian. Penelitian jenis eksperimen dalam bidang pendidikan pada umumnya dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Populasi pada penelitian ini adalah SMAN 2 Barabai. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI Mipa 3 SMAN 2 Barabai. Jumlah peserta didik kelas XI Mipa 2 SMAN 2 Barabai adalah 29 orang, diantaranya 10 laki-laki dan 19 perempuan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat di ambil kesimpulan bahwa model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan hasil belajar nilai pengetahuan peserta didik. Model pembelajaran inquiry learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam mencari, menemukan, menyelidiki sesuatu pada pembelajaran sehingga peserta didik berfikir kritis yang membuat peserta didik lebih mudah dalam menyerap pengetahuan. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Efektivitas