Abstract:
Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi kehadiran guru pembimbing khusus dengan pendidikan PLB dan non-PLB. Hal ini menjadi suatu perbandingan mengenai keseuaian kinerja guru pembimbing khusus, terutama dalam tugas seorang guru pembimbing khusus dalam pelaksanaan tugas. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kinerja guru pembimbing khusus dalam menangani anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Negeri 1 Loktabat Utara Banjarbaru. Jenis penelitian yang digunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deksriptif. Subjek penelitian adalah guru pembimbing khusus. Pengumpulan data menggunakan metode analisis data melalui tahapan observasi, wawancara, reduksi dokumentasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Keabasahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian kinerja guru pembimbing khusus dalam menangani anak berkebutuhan khusus yaitu 1) Guru pembimbing khusus tidak menyusun dan melakukan asesmen sesuai dengan tugas guru pembimbing khusus. 2) Guru pembimbing khusus dalam mengembangkan PPI sesuai dengan tugas guru pembimbing khusus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 3) Guru pembimbing khusus tidak melakukan koordinasi dengan guru kelas dan guru mata pelajaran, hal ini tidak sesuai dengan tugas guru pembimbing khusus. 4) Guru pembimbing khusus memberikan pelayanan seperti persiapan awal dan akhir pembelajaran serta inti pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus. 5) Guru pembimbing khusus tidak mengadakan media pembelajaran, guru pembimbing khusus hanya membantu mengelola media pembelajaran. Maka dari itu kinerja guru pembimbing khusus dalam menangani anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar negeri 1 Loktabat Utara Banjarbaru masih belum maksimal dikarenakan guru pembimbing khusus hanya melaksanakan pembimbingan sesuai dengan keadaan anak yang di temui.
Kata Kunci : Kinerja, Guru Pembimbing Khusus, Anak Berkebutuhan Khusus