Abstract:
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membuat desain pengembangan media album kolase (scrapbook), dan mengetahui kelayakan pengembangan media album kolase (scrapbook). Metode R&D dengan model pengembangan oleh Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa desain produk, hasil penilaian kelayakan validator ahli media, ahli bahasa dan respon peserta didik SMPN 31 Banjarmasin terhadap media album kolase (scrapbook). Berdasarkan hasil desain pengembangan media Album kolase (Scrapbook) memiliki panjang 13,5 cm dan lebar 10,5 cm yang terdiri dari 4 lembar yang setiap lembarnya berisi materi tentang “Menemukan Informasi dan Membuat Peta Konsep Buku Fiksi dan Nonfiksi”. Analisis data penilaian ahli media dan bahasa sebesar 87?ngan kategori “sangat baik”, penilaian dari respon peserta didik untuk jawaban “ya” sebesar 96?n jawaban “tidak” sebesar 3,3?ngan kategori “sangat baik”. Media album kolase (Scrapbook) pada pembelajaran “Menemukan Informasi dan Membuat Peta Konsep Buku Fiksi dan Nonfiksi” secara keseluruhan itu dinilai pada skala “sangat baik” dan karena itu layak sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, album kolase (scrapbook)