Abstract:
Muhammad Fathi (2022), Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Tabanio di Desa Tabanio Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut di Era New Normal. Pembimbing Dr. Noor Rahmini, SE, ME.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai Tabanio, (2) faktor internal dan eksternal pengembangan pariwisata Pantai Tabanio di Kabupaten Tanah Laut, (3) Strategi pengembangan Pantai Tabanio di Kabupaten Tanah Laut.
Responden dalam penelitian ini ada sebanyak 58 responden wisatawan dan 7 responden yang dianggap ahli atau pakar terhadap strategi pengembangan objek wisata Pantai Tabanio. Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukan 1. Karakteristik wisatawan objek wisata Pantai Tabanio yang memiliki persentase tertinggi adalah responden yang berumur 17-25 tahun, berasal dari wilayah Banjarmasin, mayoritas dari wisatawan adalah laki-laki, total kunjungan 2-5 kali ke objek wisata Pantai Tabanio, kebanyakan datang bersama rombongan, berstatus menikah, tingkat pendidikan SLTA/sederajat, selain itu pendapatan wisatawan berkisar Rp 1.000.000 – Rp 2.900.000, 2. Strategi pengembangan yang paling tepat adalah strategi S-O yaitu, (1) Peningkatan dan mempertahankan kualitas keindahan alam objek wisata untuk membuat nyaman wisatawan dengan udaranya yang sejuk saat berkunjung bersama keluarga saat hari libur. (2) Peningkatan dukungan Pemerintah serta peran POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) dalam menambah atraksi wisata baru di objek wisata Pantai Tabanio.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Objek Wisata Pantai Tabanio, Wisatawan, Metode Analisis SWOT