Abstract:
Guru merupakan ujung tombak dalam menciptakan pendidikan yang bermutu
dan berkualitas untuk mewujudkan pembangunan di sektor pendidikan. Tujuan
umum pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen afektif
organisasi terhadap inisiatif pertumbuhan diri yang dimediasi oleh psikologi
kapital. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan konstruk inisiatf pertumbuhan diri
yaitu kesiapan untuk berubah, perencanaan, menggunakan sumber daya, dan
perilaku yang disengaja dengan variabel mediasi psikologi kapital yang tergambar
dalam empat dimensi yaitu self efficacy, optimisme, harapan, dan resiliensi.
Penelitian dilaksanakan secara cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif.
Sebanyak 229 guru SMP di Kabupaten Banjar berpartisipasi dalam penelitian ini.
Data yang diperoleh melalui tiga alat ukur adaptasi yaitu Personal Growth Initiative
Scale-II (PGIS-II), Psychological Capital Questionnaire (PCQ), dan commitment
scale aitem (CSI). Analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis
analisis regresi model mediasi menggunakan aplikasi SPSS versi 25 for windows
dan utilities tambahan PROCESS v4.0 dari Hayes. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa tidak terdapat pengaruh langsung komitmen afektif organisasi terhadap
inisiatif pertumbuhan diri dan terdapat pengaruh tidak langsung antara komitmen
afektif organisasi terhadap inisiatif pertumbuhan diri yang dimediasi oleh psikologi
kapital. Dengan demikian, psikologi kapital memediasi secara penuh (full
mediation) pengaruh komitmen afektif organisasi terhadap inisiatif pertumbuhan
diri.