Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen usaha budidaya ikan nila, kelayakan usaha budidaya ikan nila dan sistem pemasaran ikan nila dalam media jaring apung di Desa Lihung Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis finansial, dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Sistem manajemen yang dilakukan oleh pembudidaya ikan Nila di Desa Lihung, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan dapat dikatakan telah terlakasana. Hal ini dikarenakan 4 fungsi manajemen telah dilakukan oleh para pembudidaya ikan Nila.Berdasarkan analisis usaha yang diperhitungkan dari laba/rugi adalah usaha yang dijalankan mendapatkan rata-rata keuntungan setiap masa produksi kurang dari UMR/UMK pada tahun sekarang, namun mencapai titik impas sesuai dengan hasil break event point (BEP), adapun nilai payback period (PP) dari usaha budidaya ikan nila ini didapatkan dengan waktu cukup lama yaitu 2,27 tahun, sedangkan untuk nilai net present value (NPV), gross benefit cost ratio (Gross B/C), dan internal rate of return (IRR) didapatkan hasil usaha budidaya ikan nila di Desa Lihung ini layak dijalankan hingga 5 tahun kedepan. Pola pemasaran yang dijalankan oleh pembudidaya ikan Nila di Desa Lihung adalah saluran tidak langsung yaitu dari Pembudidaya - Pengumpul - Pengecer - Konsumen Akhir.
Kata Kunci : Analisis Budidaya, Ikan Nila, Keramba Jaring Apung, Kabupaten Banjar