Abstract:
Gita Farida Arianty 1610414120010. (2021) Pengaruh Product Placement Samsung Galaxy S10 Plus Pada Musik Video ‘Kill This Love’ Blackpink Terhadap Kognitif Penonton, dengan bimbingan Ibu Noviana Sari, S.IP., M.A. dan Bapak Achmad Bayu Chandrabuwono, S.Ikom., M.A.
Blackpink merupakan kelompok penyanyi wanita yang paling berpengaruh saat ini, kepopuleran Blackpink dapat dilihat rekor views YouTube yang mencapai miliaran sehingga banyak sekali merek yang ingin bekerja sama dengan Blackpink dalam mengiklankan produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Product Placement Samsung Galaxy S10 Plus Pada Musik Video ‘Kill This Love’ Blackpink (X) terhadap Terhadap Kognitif Penonton.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tipe penelitian eksplanatif. Sampel diambil sebanyak 271 orang dengan menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan teknik penentuan skor menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari pengujian hipotesis diperoleh nilai kontribusi product placement (X) terhadap kognitif penonton (Y) sebesar 51,8% sehingga dapat dinyatakan bahwa Product Placement (X) mempengaruhi Kognitif Penonton (Y). Hasil pengujian hipotesis secara parsial diketahui nilai Fhitung > Ftabel sebesar (287,741 > 2,05) dan nilai sig. 0,000 < 0.05. Hasil penelitian ini menjelaskan product placement (X) berpengaruh positif Kognitif Penonton (Y) produk Samsung Galaxy S10 Plus. Sehingga dapat dikatakan bahwa Product Placement yang terjadi pada musik video ‘Kill This Love’ Blackpink mempengaruhi Kognitif Penontonnya.
Kata Kunci: Product Placement, Blackpink, Kognitif Penonton, Samsung Galaxy S10 Plus.