Abstract:
Kinerja guru, kepemimpinan, budaya kerja dan motivasi kerja merupakan faktor meraih pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah dan kinerja guru melalui budaya kerja dan motivasi kerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi guru sebanyak 124 orang dengan sampel sebanyak 95 orang. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan proportional random sampling dengan rumus slovin. Analisis Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 20. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Analisis data inimenggunakan analisis jalur (Path Analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kepemimpinan situasional (30 item) dan motivasi kerja (30 item) berada pada kategori tinggi, sedangkan budaya kerja (34 item) dan kinerja guru (14 item) kategori sangat tinggi, yang telah diujikan validitas dan reliabilitas, terdapat hubungan langsung kepemimpinan situasional, budaya kerja, motivasi kerja terhadap kinerja guru, terdapat hubungan tidak langsung kepemimpinan situasional dan budaya kerja melalui motivasi kerja terhadap kinerja guru.
Keywords-kepemimpinan situasional, kinerja guru, budaya kerja dan motivasi kerja