Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi konsumen menurut usia, pekerjaan, lama penggunaan instagram dan frekuensi transaksi terhadap fitur instagram freshsayurmarket.banjarmasin sebagai media pemasaran sayuran secara online dan menganalisis pengaruh fitur instagram sebagai media pemasaran sayuran secara online terhadap persepsi konsumen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara online. Selama 20 hari, terkumpul sebanyak 37 konsumen yang bersedia mengisi kuesioner dari 57 pengunjung/konsumen yang memenuhi kriteria. Untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan persepsi konsumen menurut usia, pekerjaan, lama penggunaan dan frekuensi transaksi terhadap titur instagram sebagai media pemasaran sayuran secara online digunakan Uji Mann-Whitney. Sedangkan untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh Fitur instagram sebagai media pemasaran sayuran secara online terhadap persepsi konsumen menggunakan analisis Regresi Linier sederhana. Hasil penelitian pada pengujian Mann-Whitney menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan persepsi konsumen menurut usia, pekerjaan, lama penggunaan dan frekuensi transaksi terhadap fitur instagram sebagai media pemasaran sayuran secara online. Pada analisis Regresi Linier sederhana nilai thitung (5,720) > ttabel (2,030), H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan fitur Instagram terhadap persepsi konsumen.