Abstract:
ABSTRAK
Dwi Sartika Kumala Mutik, 1710414120007, 2022, Pengaruh Tagline Gratis Ongkir Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Masyarakat Kalimantan Selatan. Dibimbing oleh Noviana Sari dan Putri Ayu Hidayatur Rofiqoh.
Shopee merupakan salah satu e-commerce yang sedang berkembang dan banyak digemari saat ini. Untuk terus berkomunikasi dengan konsumen dan menarik konsumen, Shopee menggunakan tagline. Salah satu tagline yang menjadi andalan sehingga memungkinkan menjadikan Shopee sebagai marketplace terbesar di Indonesia itu “Shopee Gratis Ongkir”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tagline gratis ongkir aplikasi Shopee berpengaruh terhadap minat beli masyarakat Kalimantan Selatan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe survei (survey research). Populasi dalam penelitian adalah masyarakat Kalimantan Selatan yang menggunakan aplikasi Shopee dengan sampel yang diambil sebanyak 80 orang, teknik pengumpulan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis Regresi Linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tagline gratis ongkir (ongkos kirim) aplikasi Shopee berpengaruh terhadap minat beli masyarakat Kalimantan Selatan. Hasil dari uji parsial (uji t) menunjukkan nilai bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (10,796 >1,991) dan dengan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci: Tagline Gratis Ongkir, Aplikasi Shopee, Minat Beli Masyarakat