Abstract:
ABSTRAK
Rusadi, Hefni. 2022. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Keberhasilan Sekolah (Studi Multi situs di SMAN 1 dan di SMAN 2 Tanjung). Tesis, Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Wahyu, MS, (II) Dr. Suhaimi, M. Pd.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, keberhasilan sekolah.
Kepala sekolah sangat berperan dalam menentukan keberhasilan dari sekolah. Setiap kepala sekolah memiliki strategi tertentu untuk meningkatkan keberhasilan sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kepala sekolah sebagai manajer, pengembang kewirausahaan dan supervisor kepada guru dan tenaga kependidikan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan analisis data situs tunggal dan lintas situs.
Hasil penelitian adalah kepala sekolah mengambil keputusan melalui musyawarah, mendelegasian tugas, mengikuti program Adiwiyata, melakukan pengawasan langsung dan melalui CCTV, melaksanakan Business day atau gelar karya, membuat kantin sekolah, mengevaluasi program yang ada, merumuskan sasaran yang akan dicapai, membuat jadwal intra, ekstra dan ko-kurikuler, memperhatikan kedisiplinan, membuat jadwal supervisi, menetapkan instrumen, membuat rekomendasi perbaikan proses pembelajaran.
Kesimpulan penelitian adalah kepala sekolah SMAN 1 dan SMAN 2 Tanjung telah menerapkan kepemimpinan sebagai manajer, pengembang kewirausahan dan supervisor kepada guru dan tenaga kependidikan. Saran dari penelitian ini kepala sekolah diharapkan dapat merencanakan kegiatan, mengorganisasikan, menggerakan dan mengawasi sumber daya pendidikan yang tersedia secara optimal, dapat menciptakan inovasi-inovasi baru yang berguna bagi pengembangan sekolah, dapat memberikan pembinaan kepada guru dan tata usaha sebagai tindak lanjut supervisi.