Abstract:
Putri Raudatul Jannah, D1C115040, 2022. Pengaruh Iklan Televisi Minuman Multivitamin Oronamin C Versi “Desktop Adventure” Terhadap Brand Awareness (Studi Pada Masyarakat Kota Banjarmasin Usia 15-64 Tahun). Dibawah bimbingan Sarwani dan Astinana Yuliarti.
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh iklan minuman multivitamin merek oronamin c sebagai produk baru yang memiliki banyak pesaing di katagori produk sejenis dengan merek yang lebih dikenal lebih dahulu oleh masyarakat. Penggunaan iklan dipilih oleh perusahaan dengan harapan dapat menyadarkan dan membangun awareness masyarakat akan merek oronamin c. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh iklan televisi oronamin c versi “dektop adventure” (X) terhadapat brand awareness (Y) pada masyarakat Kota Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Teknik pengambillan sampel dilakukan dengan metode sampling purposif dengan jumlah sampel sebanyak 348 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online melalui Google Form yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data mengggunakan regresi linier sederhana dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05 dengan program SPSS 25 for windows.
Hasil penelitian dari uji regresi linier sederhana menunjukan terdapat hubungan positif antara variabel iklan dan variabel brand awareness dengan nilai thitung > ttabel (15,262>1,966) dan signifikansi 0,000<0,05. Sehingga Ha diterima yang berarti iklan televisi minuman multivitamin oronamin c versi “Desktop Adventure” berpengaruh signifikan terhadap brand awareness. Nilai R sebesar 63,4% menunjukan adanya hubungan yang kuat antara variabel iklan terhadap variabel brand awareness dengan kontribusi variabel iklan sebesar 40,2?n sisanya 59,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Iklan Televisi, Brand Awareness, Oronamin C