Abstract:
Abstrak. Pembelajaran berbasis web merupakan bagian dari contoh pembelajaran elektronik (e-learning) yang memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana pembelajaran. Media pembelajaran berbasis web dapat diakses kapan dimana saja melalui internet. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi relasi dan fungsi dengan metode drill and practice dan menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi relasi dan fungsi dengan metode drill and practice yang ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba media pembelajaran sebanyak 15 orang peserta didik dan satu orang guru Matematika SMP Negeri 14 Banjarmasin. Hasil pengembangan media pembelajaran, yaitu media pembelajaran interaktif berbasis web dengan metode drill and practice menggunakan teknologi HTML, CSS, Bootstrap, GeoGebra, KaTex, JavaScript, dan Firebase. Data penelitian diperoleh melalui angket dan hasil belajar siswa. Validitas diperoleh dari hasil penilaian angket oleh dua validator ahli materi di bidang Matematika dan dua validator ahli media di bidang Komputer dengan persentase capaian berada pada kriteria validitas sangat tinggi. Kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dan guru dengan perolehan persentase capaian berada pada kriteria kepraktisan sangat praktis. Efektifitas media pembelajaran ditinjau berdasarkan hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan N-Gain memperoleh hasil sedang. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran interaktif yang telah dikembangkan layak untuk digunakan karena telah valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, metode drill and practice, relasi dan fungsi.