Abstract:
Biologi merupakan salah satu bidang studi dalam ilmu pengetahuan alam
yang berhubungan dengan makhluk hidup dengan lingkungannya yang
mengandung banyak konsep yang harus dikuasai oleh siswa. Karena itu, biologi
tergolong mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa, melihat dari
permasalahan terbatasnya fasilitas menuntut guru agar dapat menggunakan media
yang praktis dan dapat diakses seluruh siswa, serta siswa membutuhkan media
yang menarik dan praktis sehingga tidak sulit digunakan saat belajar. Melalui
modul elektronik berbasis Flipbook ini diharapkan menjadi solusi dari
permasalahan tersebut agar para siswa maupun guru mampu berkolaborasi dalam
setiap kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana
tahapan pengembangan e-modul berbasis Flip PDF Professional pada mata
pelajaran Biologi khususnya tentang Struktur dan Fungsi Sel, Struktur dan Fungsi
Jaringan Tumbuhan, serta Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan untuk siswa kelas
XI jurusan IPA di SMAN 6 Barabai, (2) Mengetahui bagaimana kelayakan emodul pada mata pelajaran Biologi sebagai sumber belajar siswa kelas XI jurusan
IPA di SMAN 6 Barabai, (3) Bagaimana hasil belajar siswa saat menggunakan emodul pada mata pelajaran Biologi sebagai media pembelajaran siswa kelas XI
jurusan IPA di SMAN 6 Barabai?. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan Borg & Gall. Adapun tahapan yang sudah dimodifikasi yaitu,
perencanaan, pengembangan produk, uji validasi produk, revisi hasil validasi
produk, uji coba produk dan desiminasi dan implementasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hasil validasi ahli media
mendapat persentase 88?ngan kualifikasi “sangat layak”. (2) Hasil validasi
ahli materi mendapatkan nilai persentase 82?ngan kualifikasi “sangat layak”.
(3) Hasil uji coba produk dengan jumlah siswa 42 orang diperoleh sebesar 75?ngan kategori “Layak”. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
modul elektronik berbasis Flip PDF Professional sebagai media pembelajaran
Biologi kelas XI di SMAN 6 Barabai dinyatakan layak digunakan. (4)
Berdasarkan perhitungan Uji T Berpasangan diperoleh thitung sebesar 7,609
sedangkan ttabel 2,131 dengan db = N-1 = 16-1 = 15, dan taraf signifikan sebesar
0,05. Karena thitung > ttabel yaitu 7,609 > 2,131 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan
sesudah menggunakan e-modul sebagai media pembelajaran.