Abstract:
Tahapan kastolan terbagi menjadi tiga jenis yaitu kesalahan konseptual, prosedural dan teknikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan memberikan soal-soal pada subjek penelitian. Subjek penelitian adalah kelas IX B SMP Negeri 3 Batu Ampar yang berjumlah 23 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrument penelitian ini adalah observasi, tes tertulis dan wawancara. Dari hasil tes tertulis diketahui bahwa kesalahan konseptual terjadi sebanyak 11 kali, kesalahan prosedural terjadi sebanyak 37 kali dan kesalahan teknikal terjadi sebanyak 27 kali. Penyebab kesalahan konseptual yang dilakukan peserta didik yaitu: (1) siswa tidak memahami konsep yang telah dipelajari; (2) siswa tidak menulis yang diketahui dari soal; (3) siswa tidak paham penggunaan rumus yang tepat; (4) siswa lupa pada penulisan rumus. Penyebab kesalahan prosedural yaitu : (1) siswa tidak benar-benar memahami langkah pengerjaan; (2) siswa tidak selesai mengerjakan soal sehingga terdapat kesalahan prosedur; (3) siswa tidak embaca soal dengan teliti. Penyebab kesalahan teknikal yaitu : (1) siswa kurang teliti dalam menghitung jumlah operasi yang digunakan; (2) siswa kurang teliti dalam penulisan angka; (3) siswa tergesa-gesa dalam mengerjakan soal.