Abstract:
Abstrak
Kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan untuk mengakses segala informasi yang tersedia, belakangan ini ada sebuah fenomena yaitu hallyu yang berarti fenomena kebudayaan yang berasal dari Korea Selatan. Fenomena ini merebak keseluruh dunia tak terkecuali di Indonesia, akibat hal tersebut muncul fenomena parasocial relationship. Hingga penggemar memiliki ketergantungan untuk terus terhubung dengan idolanya. Menurut data statistik yang didapatkan bahwa 54% remaja di Indonesia memiliki self-esteem yang rendah, Individu dengan self-esteem rendah sering menggunakan media sosial agar lebih terhubung dengan idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Parasocial Relationship dengan Self-Esteem pada remaja penggemar BTS (ARMY). Sampel penelitian ini 203 remaja tergabung komunitas BTS berusia 12-23 tahun berdomisili di Kalimantan Selatan. Skala yang digunakan yaitu skala Parasocial Relationship (cornbach’s alpha = 0,931) yang diadaptasi melalui adaptasi Beaton (2000), skala Self-Esteem (cornbach’s alpha = 0,835). Uji hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel Parasocial Relationship dengan Self-Esteem yang berarti menunjukkan ditolaknya hipotesis alternatif (Ha) dan diterimanya hipotesis nul (H0). Hasil analisis uji korelasi menunjukkan nilai r = 0,062 dengan signifikansi 0,380 (p > 0,05) yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Parasocial Relationship dengan Self-Esteem pada Remaja Penggemar BTS (ARMY)
Kata kunci: Parasocial relationship, self-esteem, remaja, penggemar BTS (ARMY)