Abstract:
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menjadi pemicu tingginya minat masyarakat untuk berbelanja menggunakan internet melalui jaringan media online atau biasa disebut dengan belanja online. Pertumbuhan e-commerce yang semakin pesat menjadi salah satu faktor maraknya fenomena belanja online yang terjadi di Indonesia. Salah satunya yaitu Fresh Sayur Market usaha di bidang penjualan sayuran hidroponik dan penyedia bahan makanan segar di Banjarmasin yang memilih menawarkan produk dan jasanya melalui media online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran online yang dilakukan oleh Fresh Sayur Market dan untuk mengidentifikasi proses komunikasi yang dilakukan oleh Fresh Sayur Market. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman, dan untuk validitas data digunakan metode triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Fresh Sayur Market melalui media online adalah strategi tarik melalui promosi penjualan, periklanan, humas dan publisitas, pemasaran langsung dan word of mouth. Proses komunikasi yang dilakukan oleh Fresh Sayur Market merupakan model makro dari proses komunikasi, dan unsur-unsur dalam proses komunikasi tersebut adalah pengirim, penerima, encoding, decoding, media, pesan, dan umpan balik. Komunikasi yang dilakukan oleh Fresh Sayur Market adalah komunikasi satu tahap, yang mana informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan melalui media langsung disampaikan tanpa melalui perantara kepada penerima pesan. Pesan-pesan yang disampaikan dalam proses komunikasi yang sedang berlangsung datang dari kedua belah pihak, yaitu Fresh Sayur Market dan melalui konsumen.