Abstract:
Kesadaran dalam menjalankan kegiatan religius tidak terlepas dari tingkat perkembangan setiap individu, dengan memahami nilai-nilai religiusitas yang telah dipelajari maka akan menerapkannya di kehidupan sehari-hari salah satunya saat menuntut ilmu. Ketika menuntut ilmu, seseorang perlu telibat agar yang dipelajari dapat dipraktikkan dengan baik. Keterlibatan dapat dipahami sebagai sejauh mana partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara religiusitas dengan keterlibatan sekolah pada santriwati tingkat wustho di Pondok Pesantren Darusalam Martapura. Sampel penelitian ini adalah santriwati tingkat wutsho di Pondok Pesantren Darussalam Martapura sebanyak 110 santriwati. Skala yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari skala religiusitas (cronbach’s alpha= 0,909) dan skala keterlibatan sekolah (cronbach’s alpha= 0,861). Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan diterimanya hipotesis alternatif (Ha) dan ditolaknya hipotesis nul (H0). Hasil uji korelasi memperoleh nilai sebesar 0,189, dengan sumbangan efektif hubungan kedua variabel adalah sebesar 3,6%. Berdasarkan temuan pada penelitian, dapat dipahami bahwa hubungan antara religiusitas dengan keterlibatan sekolah sangat rendah.