Abstract:
Komponen yang menunjang proses pembelajaran diantaranya adalah media pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran interaktif berbasis web untuk materi lingkaran kelas VIII yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam belajar secara mandiri dan fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi lingkaran kelas VIII dengan metode drill and practice dan mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran yang ditinjau dari validitas, keefektifan dan kepraktisan. Metode yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Uji coba dilaksanakan dengan subjek penelitian 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas VIII A pada SMP Negeri 15 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi, angket respon pengguna, dan instrumen tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu berupa media pembelajaran interaktif berbasis web dengan teknologi yang digunakan yaitu HTML, CSS, JavaScript, Firebase, JSON, Scratch, GeoGebra, MathJax, dan Netlify. Hasil yang didapat berdasarkan uji kelayakan pada validitas materi dengan kriteria tinggi, validitas media dengan kriteria sangat tinggi, kepraktisan penggunaan dengan kriteria sangat tinggi dari respon guru dan siswa, dan keefektifan didapat dari hasil uji n-gain dengan kriteria sedang. Dengan demikian media pembelajaran interaktif berbasis web ini layak digunakan untuk pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Berbasis Web, Lingkaran, Drill and Practice