Abstract:
Media pembelajaran berperan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Seiring perkembangan teknologi, beragam media pembelajaran dapat digunakan dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi statistika kelas IV dengan metode tutorial dan mengetahui kevalidan produk media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi statistika kelas IV dengan metode tutorial. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode research and development dengan prosedur pengembangan ADDIE yang dibatasi analysis design, dan development. Tetapi prosedur Evaluation tetap dilakukan. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi materi dan angket validasi media dengan subjek penelitian yang terdiri dari dua orang pakar materi dan dua orang pakar media. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada pokok bahasan statistika dengan metode tutorial ini dibangun menggunakan teknologi HTML, CSS, Javascript, JSON, Firebase, dan Geogebra. Media pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan valid dengan kriteria validitas tinggi yang ditinjau dari penilaian validitas oleh ahli pakar materi dan ahli pakar media. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis web pada materi statistika kelas IV menggunakan metode tutorial dinyatakan valid. Dengan demikian media dapat di uji coba dalam pembelajaan.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Statistika, Metode Tutorial