Abstract:
ANALISIS PEMASARAN IKAN PATIN (Pangasius sp.)
DALAM USAHA SKALA KECIL DI KABUPATEN BANJAR
PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
Dhevia Eka Oktamiranda1, Emmy Sri Mahreda2 dan Irma Febrianty3
1Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan
2Dosen Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan
Coresponding email : (1810715320028@mhs.ulm.ac.id )
ABSTRAK
Kabupaten Banjar merupakan salah satu dari 5 Kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan dimana memiliki potensi perairan umum dan laut dan menjadikan Kabupaten Banjar sebagai Kawasan minapolitan. Salah satu Kawasan di Kabupaten Banjar yang menjadi Kawasan perikanan terpadu merupakan Cindai Alus yang berada di Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar komoditas utama di Kawasan Cindai Alus adalah ikan patin (Pangasius sp.). Tujuan penelitian ini adalah : 1. Menganalisis saluran pemasaran. 2. Menganalisis margin pemasaran. 3. Menganalisis farmer’s share. 4. Menganalisis struktur pasar secara kualitatif. Metode yang digunakan untuk kegiatan penelitian menggunakan metode Purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, deskriptif dan dokumentasi. Hasil analisis pemasaran didapat 2 pola saluran pemasaran yaitu pembudidaya – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen akhir dan pembudidaya – pedagang pengecer – konsumen akhir. Margin pemasaarn yang didapat ditingkat pengumpul sebesar Rp.2.000/kg dan ditingkat pengecer sebesar Rp.4000/kg. Farmer’s share yang didapat sebesar 78%. Struktur pasar di wilayah Cindai Alus lebih banyak pembudidaya diabndingkan pembeli. Pembudidaya sebanyak 50 orang dan pembeli sebanyak 20 orang, dengan ini struktur pasar yang terdapat di Kabupaten Banjar berjenis oligopsoni.
Kata kunci : saluran pemasaran, farmer’s share, margin pemasaran, struktur pasar