Abstract:
Hambatan anak autis pada penelitian ini berkaitan dengan kemampuan mengenal konsep bilangan. Subjek mengalami kesulitan saat pembelajaran matematika yang berkaitan dengan angka dikarenakan subjek kerapkali salah menyebutkan, melompat dan sembarangan dalam menyebutkan dan menunjukkan angka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media playing board dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif berjenis quasi eksperiment design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah time series design O1,O2,O3,O4,X,O5,O6,O7,O8. Subjek penelitian ini adalah tiga orang anak autis kelas 5 di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan akhir anak (post-test) lebih tinggi dibandingkan pada hasil tes kemampuan awal. Perolehan nilai rata – rata pada pre-test, yaitu O1=57, O2=53, O3=50, dan O4=50, sedangkan rata - rata post-test yaitu, O5= 60, O6=70, O7=73, dan O8=77. Dapat dilihat nilai rata – rata post-test meningkat daripada perolehan nilai rata – rata pre-test maka, dapat disimpulkan bahwa media playing board efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis kelas 5 di SLB Plus Madana Dun Ya Banjarmasin.