Abstract:
Bagi masyarakat modern, membeli atau berbelanja secara daring adalah kegiatan yang lazim. Namun, itu bisa menjadi fenomena yang tidak diinginkan ketika perilaku tersebut mengarah pada pembelian kompulsif. E-Commerce telah mengubah cara konsumen berbelanja dan memperburuk pembelian kompulsif. Pembeli dengan kecenderungan kompulsif rentan terhadap belanja daring karena kenyamanan dan berbagai kelebihannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelas sosial subjektif terhadap kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring. Sampel penelitian ini adalah pengguna e-commerce yang berdomisili disalah satu wilayah di Indonesia dan dapat terakses dengan internet yang berjumlah 204 orang teridiri dari 137 perempuan dan 67 laki-laki. Skala yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari skala adaptasi the compulsive online shopping scale dan skala adaptasi subjective social class Scale. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh kelas sosial subjektif terhadap kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring. Hasil uji regresi memperlihatkan nilai sebesar 36,1% pengaruh kelas sosial subjektif terhadap kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring dengan tingkat hubungan sedang. Nilai regresi yang didapatkan menunjukkan nilai yang positif, artinya semakin tinggi kelas sosial subjektif maka semakin tinggi pula kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring pada pengguna e-commerce.