Abstract:
Latar Belakang: Sekolah merupakan sumber stres utama bagi anak karena sebagian besar waktunya dihabiskan di sekolah. Stres yang bersumber dari sekolah dan pendidikan sering disebut dengan stres akademik. Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan oleh siswa untuk mengelola atau mengurangi stres yang mereka rasakan, salah satunya adalah dengan menonton Drama Korea.
Tujuan: Mengetahui hubungan menonton Drama Korea dengan tingkat stres akademik di SMAN 1 Pelaihari.
Metode: Desain penelitian menggunakan cross sectional melibatkan 236 siswa dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Spearman.
Hasil: Terdapat hubungan antara menonton Drama Korea dengan tingkat stres akademik siswa di SMAN 1 Pelaihari (p value = 0,027) dengan arah hubungan negatif dan kekuatan hubungan lemah (correlation = -0,144).
Pembahasan: Menonton Drama Korea dapat memengaruhi tingkat stres akademik. Siswa dapat memilih alternatif penanganan stres akademik dengan menonton Drama Korea. Semakin tinggi menonton Drama Korea yang dilakukan oleh siswa makan akan menurunkan tingkat stres akademik siswa.
Kata Kunci: stres akademik, Drama Korea, siswa