Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari brand ambassador terhadap proses keputusan pembelian Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah nonprobability sampling metode purposive sampling dengan jumlah sampel berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner secara online. Untuk mengidentifikasi pengaruh brand ambassador terhadap proses keputusan pembelian dan pengaruh brand ambassador terhadap proses keputusan pembelian melalui brand image sebagai variabel intervening, maka digunakan analisis jalur. Proses keputusan pembelian merupakan bagian dari perilaku konsumen. Perilaku konsumen merupakan tindakan atau proses yang mendorong tindakan pembelian dan penggunaan barang atau jasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) brand ambassador (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image (Y1), (2) brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian (Y2), (3) brand image (Y1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian (Y2), (4) brand ambassador tidak berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian (Y2) melalui brand image (Y1) sebagai intervening.