Abstract:
ABSTRAK
Muhammad Ilham Nurkholis, D1C115070, 2022, Pengaruh Cyber Public Relations Terhadap Brand Awareness Meatsyir Di Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Bachruddin dan Sarwani.
Bisnis berkonsep home service barbeque belakang ini sedang populer di Banjarmasin.Meatsyir adalah salah satu brand home service barbeque di Banjarmasin. Meatsyir saat ini sedang terus-menerus melakukan kegiatan cyber public relations melalui Instagram untuk membangun brand awareness agar lebih dikenal dan dipercaya oleh target pasar mereka. Pada tahun 2021 Meatsyir berhasil menjadi brand home service barbeque dengan jumlah followers organik terbanyak diantara kompetitor sejenis di Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Cyber Public Relations sebagai variabel (X) terhadap Brand Awareness sebagai variabel (Y). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Sampel terdiri dari 348 responden yang dikumpulkan menggunakan teknik available sampling/ convenience sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Cyber Public Relations (X) dengan Brand Awareness (Y), dengan nilai R sebesar 0,821 atau 82,1% . Kemudian, hasil perhitungan koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,673 atau 67,3% hal ini menunjukkan bahwa Cyber Public Relations telah dinilai baik, sehingga menimbulkan Brand Awareness pada masyarakat dikota Banjarmasin.
Kata Kunci: Cyber Public Relations, Brand Awareness, Meatsyir