Abstract:
ABSTRAK
Muhammad Azmil Ridho Fasya. 1810414310025. 2022. Brand Community
Dalam Meningkatkan Brand Loyalty Honda (Studi Pada Komunitas Ikatan Motor
Honda Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah “IMHKST”). Dibimbing
oleh Siswanto Rawali.
Pesatnya pertumbuhan kendaraan roda dua yang terjadi di Indonesia saat ini
menimbulkan persaingan terhadap setiap perusahaan roda dua, dan perusahaan harus
mengamankan citra merek dengan melakukan sebuah strategi. Penelitian ini berfokus
pada brand community dalam meningkatkan brand loyalty. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui brand community pada komunitas IMHKST dalam meningkatkan
brand loyalty merek Honda.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi,
dan dokumentasi kemudian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan metode.
Kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu teori perkembangan kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan, secara umum komunitas IMHKST telah
melakukan komponen brand community ,yaitu kesadaran bersama yang merupakan
wujud sebuah komunitas yang solid, dan dengan atribut yang dimiliki IMHKST dapat
memberikan rasa bangga bagi setiap anggota serta memahami arti penting dari sebuah
merek. Ritual dan tradisi yang dilakukan IMHKST menanamkan perpspektif bagus
terhadap merek Honda seperti membagikan pengalaman yang positif ke sesama
anggota dan masyarakat yang akan mempertahankan eksistensi komunitas dan rasa
tanggung jawab moral yang dimiliki oleh setiapa anggota IMHKST yang tergabung
dan diberikan bukan hanya kepada anggota namun juga rasa tanggung jawab moral
diberikan kepada masyarakat yang akan menghasilkan tindakan koletif untuk
berkontribusi terhadap kesatuan kelompok dan masyarakat. Dengan dilakukannya tiga
komponen brand community oleh IMHKST, maka hal tersebut dapat meningkatkan
brand loyalty dari merek Honda dengan terdapatnya pembelian secara teratur,
melakukan pembelian di luar lini produk atau jasa, merekomendasikan kepada orang
lain dan menunjukkan kekebalan dari daya tarik produk sejenis dari pesaing terhadap
merek Honda.
Kata kunci : Brand community, Brand loyalty, Komunitas