Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengimplementasian program khusus bina diri di SLBN 2 Banjarmasin yang masihmengalamikendala.Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui perencanaan, implementasi, dan evaluasi program khusus bina diri bagi anak berkebutuhan khusus di SLBN 2 Banjarmasin. Penelitianinimenggunakanpendekatan kuantitatif, jenis kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini 32 guru SLBN 2 Banjarmasin. Objek penelitian adalah evaluasi implementasi program khusus bina diri bagi anak berkebutuhan khusus di SLBN 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yaitu angket dengan model skala rating scale. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif menggunakan software SPSS versi 25.Penelitianini menunjukkan 1) Perencanaan implementasi program SLBN 2 Banjarmasin mengupayakansarana dan prasaranasepertiruangan dan media belajarbinadiri, dan tenagapendidik yang memilikilatarbelakangpendidikankhusussertaberpengalaman, akantetapibeberapa guru tidak merancang rencana pembelajaran, materi kurang lengkap juga kurangnya pemanfaatan ruang khusus bina diri. 2)Pelaksanaan program bina diri di SLBN 2 Banjarmasin berupa identifikasi dan asesmen, kegiatan belajar dan mengajar, dan kegiatan memotivasi siswa, akantetapimasihada yang tidak dilakukan asesmen secara berkelanjutan oleh guru dan tidak memberikan penilaian kinerja anak disetiap pembelajaran.3) Evaluasibelajar SLBN 2 Banjarmasin dilakukan setiap semesterdengan menyesuaikanterhadap kemampuan anak, akan tetapi evaluasi belajar hanya dilaksanakan ketika ulangan.
Kata kunci : Evaluasi, Implementasi Program Khusus (Progsus), Bina Diri