Abstract:
Penanaman dan penerapan pendidikan karakter yang baik di sekolah diharapkan dapat menghasilkan siswa yang memahami dan dapat menerapkan etika bisnis ketika menjalankan usaha. Hal ini didasari dengan asumsi siswa mengetahui secara riil mengenai akhlak mulia yang telah diajarkan melalui pendidikan karakter dalam mata pelajaran ISMUBA dengan muatan AIK. Maka, peneliti ingin menelisik kontribusi AIK dalam penerapan etika bisnis bagi alumni SMA Muhammadiyah Martapura dalam kegiatan usahanya, dengan terlebih dahulu mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter di dalam AIK, mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah Martapura, kemudian menganalisis kontribusi pendidikan karakter dalam pendidikan Muhammadiyah terkait kegiatan usaha alumni SMA Muhammadiyah Martapura. Peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data primer yang mengombinasikan antara dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Pendidikan AIK memuat nilai-nilai yang berkaitan erat dengan aktivitas usaha seperti berakhlak yang baik, meliputi sifat jujur, peduli, santun dalam berkomunikasi dan dalam pergaulan sehari-hari, dan memiliki keterampilan yang bersifat kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. (2) Alokasi waktu untuk mata pelajaran Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Martapura yang sangat singkat menjadi kendala penyampaian materi AIK secara menyeluruh, khususnya dalam penanaman karakter, sehingga yang lebih menonjol dari pelajaran Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah Martapura ialah tentang sejarah. (3) Pendidikan AIK yang termuat dalam mata pelajaran Kemuhammadiyahan (KMD) di SMA Muhammadiyah Martapura tidak memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembentukan karakter, khususnya dalam aktivitas usaha/bisnis. Akan tetapi, aktivitas di luar KBM semisal ekstrakurikuler maupun kegiatan intra sekolah lainnya memuat nilai-nilai Kemuhammadiyahan yang sama yang dimuat dalam AIK, sehingga dapat melengkapi keterbatasan pembelajaran AIK di kelas.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Muhammadiyah, Al Islam dan Kemuhamadiyahan (AIK)