Abstract:
Abstrak
Guru memiliki peran dalam memperhatikan penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mendukung aktivitas belajar siswa di kelas. Video pembelajaran ialah salah satu jenis media yang menarik dan efektif karena dapat mencipatakan pengalaman belajar yang langsung bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pengembangan media video pembelajaran IPA materi tata surya dan mengetahui kelayakan video pembelajaran IPA materi tata surya kelas VII di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan prosedur model 4D (Four-D) dengan tahapan pendefinisian, perancangaan, pengembangan dan tahap penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil penelitian mendapatkan hasil uji validasi oleh ahli media dengan kategori yang sangat layak, dan hasil uji validasi materi mendapatkan nilai pada kategori yang sangat layak. Sehingga media video animasi pembelajaran IPA bisa ditarik kesimpulan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya di kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Materi Tata Surya