Abstract:
Kompetensi guru merupakan keterampilan yang dimiliki secara lengkap
oleh setiap guru khususnya guru kelas. untuk memastikan bahwa itu benar
dilaksanakan sebagai pendidik. Anak autis seringkali tidak terlayani dengan baik
oleh sebagian besar guru kelas, sehingga diperlukan pemahaman yang lebih
mendalam dalam menghadapi anak autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk
membahas persepsi guru sekolah dasar terhadap siswa autis di SDN 1 Loktabat
Utara Banjarbaru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 2 orang guru kelas 1
yang menjadi guru kelas siswa autis tersebut. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persepsi guru kelas 1
sekolah dasar terhadap anak autis melalui Eksternal Perseption (Sosial),
hasilnya kedua subjek memahami sisi sosial anak autis. 2) Persepsi guru kelas 1
sekolah dasar terhadap anak autis melalui Eksternal Perseption (Lingkungan),
hasilnya kedua subjek memahami sisi lingkungan anak autis ketika di sekolah.
3) Persepsi guru kelas 1 sekolah dasar terhadap anak autis melalui Self
Perseption (Sikap), hasilnya kedua subjek memiliki suatu sikap ketika
menghadapi anak autis, dilihat dari pemahaman, perasaan, dan cara berpikir
subjek terhadap anak autis. 4) Persepsi guru kelas 1 sekolah dasar terhadap anak
autis melalui Self Perseption (Perilaku), hasilnya kedua subjek memiliki suatu
perilaku ketika menghadapi anak autis, dilihat dari tindakan subjek terhadap
anak autis.