Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi UMKM Mama Khas Banjar dan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha pemasaran produk perikanan UMKM Mama Khas Banjar. Penelitian dilaksanakan pada Usaha UMKM Mama Khas Banjar di Kelurahan Loktabat Selatan Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru (Studi Kasus UMKM Mama Khas Banjar) dilakukan dengan metode Analisis SWOT (Strength Weakness Opportunities and Threats) dan Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil identifikasi menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha UMKM Mama Khas Banjar yaitu produk bervariasi, lokasi startegis, kualitas produk baik, promosi, sarana dan prasarana, tidak bekerja sama dengan instansi terkait, pembukuan keuangan kurang terkelola, modal usaha terbatas, kurangnya tenaga kerja, dan pengelolaan tenaga kerja kurang baik, pemasaran luas, citra usaha baik di masyarakat, permintaan pasar, memanfaatkan sosial media Instagram dan Shopee, kesadaran masyarakat terhadap mengkonsumsi produk perikanan, cuaca dan iklim berubah, pesaing dari usaha sejenis, kenaikan bahan baku dan BBM, perubahan selera konsumen dan kerusakan barang saat distribusi. Prioritas utama dan pengembangan usaha UMKM Mama Khas Banjar adalah memanfaatkan lokasi usaha yang strategis ditengah kota untuk memenuhi dan meningkatkan permintaan dengan nilai TAS 5,51, peningkatan pemanfaatan sosial media instagram dan shopee sebagai wadah untuk mempromosikan produk dengan nilai TAS 4,98 dan Memanfaatkan kesadaran masyarakat terhadap mengkonsumsi produk perikanan dengan nilai TAS 4,63.
Kata Kunci : Strategi, UMKM Mama Khas Banjar, SWOT, QSPM