Abstract:
ABSTRAK
”Komunikasi pemasaran tidak hanya tentang memasarkan produk juga memerlukan strategi yang sesuai. Strategi komunikasi pemasaran merupakan kunci keberhasilan perusahaan dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Oleh karena itu, XLHome menerapkan “model komunikasi pemasaran” sebagai strategi untuk mengkomunikasikan dan menjual produk ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan “model komunikasi pemasaran” XLHome untuk meningkatkan jumlah pelanggan di kota Banjarmasin. Penelitian ini menmakaimetode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah empat orang. Informan untuk penelitian ini dipilih melalui proses yang ditargetkan dimana informan terpilih memenuhi kriteria yang dipersyaratkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pertukaran sosial. Hasil dari penelitian ini yaitu “model komunikasi pemasaran” sebagai strategi komunikasi pemasaran XLHome untuk memperluas basis pelanggan di kota Banjarmasin. Misalnya, proses penyampaian pesan dari suatu sumber. Pihak Pengirim Pesan ke Konsumen. Pesan tersebut kemudian disampaikan melalui direct marketing seperti promosi, penjualan retail, door to door ke seluruh apartemen di kota Banjarmasin, dan iklan juga dapat disebarkan melalui media seperti media cetak. , media elektronik, media sosial. Proses selanjutnya untuk memastikan pesan yang disampaikan sesuai dengan harapan prospek yaitu dengan menerima umpan balik dari prospek dengan berlangganan produk XLHome. “model komunikasi pemasaran” XLHome telah menunjukkan hasil yang memuaskan, dan pertumbuhan pelanggan XLHome merupakan salah satu yang tertinggi di Kota Banjarmasin.”
Kata kunci :”model komunikasi pemasaran”, XLHome,Teori Pertukaran Sosial.