Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran,margin pemasaran dan farmer’s share yang dilakukan oleh pembudidaya pembesaran ikan lele,di Kecamatan Martapura,Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Penentuan lokasi daerah penelitian di Kecamatan Martapura dengan menggunakan metode purposive sampling dengan pertimbangan di Kecamatan Martapura merupakan tempat penghasil produksi budidaya ikan lele terbanyak di Kabupaten Banjar. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari pembudidaya ikan,pedagang pengumpul,dan pedagang pengecer,serta pengumpulan data dilakukan melalui survei,observasi,wawancara dan dokumentasi. Data sekunder meliputi peta lokasi penelitian,buku,artikel ilmiah dan berbagai website yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Metode pengambilan sampel untuk pembudidaya ikan lele adalah purposive sampling dan untuk lembaga pemasaran adalah snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah,a.analisis saluran pemasaran,b.analisis margin pemasaran dan c.analisis farmer’s share. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada (a) 3 jenis saluran 1) Pembudidaya menjual ke pedagang pengumpul (lokal) lalu dijual ke konsumen (lokal).2) Pembudidaya menjual ke pedagang pengecer (lokal) lalu dijual ke konsumen (lokal) 3) Pembudidaya menjual ke pedagang pengumpul (lokal) lalu menjual ke pedagang pengecer lalu menjual ke konsumen (lokal/daerah).(b) nilai margin pemasaran margin pemasaran untuk pedagang pengumpul sebanyak Rp.5.000/kg,margin pemasaran di tingkat pengecer sebanyak Rp.5.000/kg.(c) nilai farmer’s share adalah 64,29%.
Kata Kunci: Kecamatan Martapura,Pembesaran,Analisis,Farmer Share,Margin Pemasaran,dan Saluran Pemasaran