Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah peran IMPAS-B dalam melestarikan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran IMPAS-B sebagai wadah pendidikan lingkungan, peran IMPAS-B melakukan aksi pelestarian lingkungan, dan kendala IMPAS-B dalam melaksanakan pelestarian lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan tentang peran IMPAS-B: (1) IMPAS-B meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan keterampilan anggota melalui berbagai aksi kegiatan. Kegiatan itu meliputi pendidikan wajib anggota dan berbagai kegiatan yang bersinggungan dengan alam. (2) Aksi pelestarian lingkungan yang dilakukan IMPAS-B yaitu penanaman pohon, pembagian bibit pohon, aksi bersih-bersih kampus, dan aksi sosial seperti aksi sidak sedotan dan aksi bagi botol tumbler. Aksi pelestarian lingkungan di IMPAS-B ada yang termasuk program kerja rutin, tahunan, insidentil, dan aksi gabungan yang dilakukan bersama Mapala. (3) Kendala IMPAS-B dalam melaksanakan pelestarian lingkungan yaitu kepengurusan yang kurang optimal, keterbatasan anggota, keterbatasan waktu, dan keterbatasan dana.