Abstract:
Ayu Hariyanti, 1810412120001, 2022, Perubahan gaya hidup Ibu-ibu di Desa
Guntung Damar dalam berbelanja online, di bawah bimbingan: Noor Hidayati.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perubahan gaya hidup
dalam berbelanja online, serta untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya belanja
online yang dialami Ibu-ibu Desa Guntung Damar. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologis. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan gaya hidup Ibu-ibu di Desa
Guntung Damar dalam berbelanja online terjadi karena adanya perkembangan
teknologi yang memunculkan sistem pembelanjaan baru secara online yang
mengubah transaksi langsung menjadi tidak langsung. Hal tersebut memberikan
kemudahan serta telah mengubah Ibu-ibu Desa Guntung Damar menjadi pribadi
yang konsumtif dan senang belanja atau disebut juga dengan istilah shopaholic.
Ada beberapa perilaku tertentu dari Ibu-ibu Desa Guntung Damar dalam berbelanja
online yang dapat diklasifikasikan kedalam gaya hidup shopaholic diantaranya
shopaholic fanatik terhadap merk tertentu, shopaholic selektif soal kualitas,
shopaholic impulsive buying, shopaholic pantang kalah dari orang lain, shopaholic
terayu-bujukan, dan shopaholic senada. Adapun motivasi dalam berbelanja yang
menjadikan Ibu-ibu Desa Gutung Damar menjadi pelaku shopaholic yaitu social
shopping, gratification shopping dan value shopping. Ada dua faktor yang
menyebabkan Ibu-ibu Desa Guntung Damar melakukan belanja online yaitu faktor
internal yang berasal dari kepribadian, persepsi dan pembelajaran. Sedangkan untuk
faktor ekternalnya berasal dari keluarga serta lingkungan pertemanan.
Kata Kunci: Ibu-ibu, Belanja online, Perubahan gaya hidup, Masyarakat konsumtif,
Shopaholic