Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan secara jelas mengenai kepemimpinan Camat dalam meningkatkan kinerja pegawai pada aspek pelayanan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam peningkatan kinerja pegawai pada aspek pelayanan. Tipe penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Kepemimpinan Camat Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Pelayanan di Kantor Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah sudah cukup baik. Pemberian inisiatif cukup baik dalam memberikan ide atau gagasan serta solusi dalam penyelesaian tugas-tugas serta memberikan saran atau masukan dalam hal melayani dengan sebaik-baiknya. Pemberian motivasi sudah baik dengan memberikan dorongan kerja dan memberikan pujian kepada bawahan. Adanya pembinaan cukup baik dengan memberikan contoh dan memberikan instruksi kepada bawahan sebaik-baiknya. Penanaman tanggung jawab kepada bawahan belum sepenuhnya maksimal karena beberapa permasalahan yang muncul dalam suatu pekerjaan sehingga ketepatan waktu pegawai menyelesaikan tugas terlambat dan mengadakan rapat koordinasi setiap bulannya ada penyampaian kinerja dan evaluasi. Peningkatan kinerja pegawai pada aspek pelayanan di Kantor Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah dapat dikatakan baik berdasarkan yang dilihat dari empat indikator, yaitu kuantitas kerja, kualitas kerja, pemanfaatan waktu, dan kerjasama.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kinerja Pegawai, Pelayanan