Abstract:
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran produksi rumput laut kering pada saat pandemi covid-19 di PT SELT Alga Indonesia. Penentuan tempat penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan pertimbangan bahwa perusahaan ini melakukan kegiatan usaha produksi rumput laut kering dan telah beberapa kali mengekspor hasil produksinya.. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara (interview) dan metode dokumentasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi S – O yang dapat dilakukan adalah melakukan kerjasama dengan pembeli baru dengan terus menerus menjaga mutu hasil produk olahan dan mengembangkan produk olahan dengan menambah jenis produk yang diolah, 2) strategi W – O yang dapat dilakukan adalah membeli lahan untuk budi daya rumput laut sendiri dan memperbanyak tenaga kerja dan produk olahan, 3) strategi S – T yang dapat dilakukan adalah membeli gudang kering sendiri, bahan baku dengan memberlakukan kerjasama dengan petani budidaya rumput laut dan memeriksa kualitas bahan baku dengan lebih baik agar kualitas produk yang dihasilkan lebih baik daripada competitor, dan 4) strategi W – T yang dapat dilakukan meningkatkan kualitas produk olahan dan memiliki rekanan petani budidaya yang tetap.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Rumput Laut, SWOT