Abstract:
ABSTRAK
Hajidah, Laila, 2022. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Budaya Kerja. Komunikasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Paringin Selatan. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Hj. Asniwati, M.Pd.
Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Budaya Kerja, Komunikasi Kerja, Kinerja Guru
Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor individu, dan luar diri individu seperti tinggi rendahnya motivasi dalam bekerja sehingga hal tersebut akan berdampak baik bagi prestasi kerja, displin kerja dan kualitas kerja sehingga menjadikan kinerja guru menjadi lebih baik. Faktor dari luar individu seperti kepemimpinan kepala sekolah yang mampu memotivasi serta memberdayakan guru agar tercipta kinerja yang baik juga budaya organisasi sekolah guru itu sendiri yang mampu meningkatkan kualitas kerjanya sendiri seperti kebiasaan guru dalam bekerja atau hubungan dengan rekan sekerja.
Sampel penelitian sebanyak 103 orang guru di 16 Sekolah yang dipilih secara stratified proporsional random sampling dari populasi sebesar 140 orang guru yang tersebar di 16 SD Negeri di Kecamatan Paringin Selatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis secara deskriftip dan analisi jalur. Hasil penelitian menemukan bahwa kompetensi profesional memiliki pengaruh dengan kinerja guru; budaya kerja memiliki pengaruh dengan kinerja guru; komunikasi kerja memiliki pengaruh dengan kinerja guru; kompetensi profesional guru, budaya kerja memiliki pengaruh melalui komunikasi kerja terhadap kinerja guru, budaya kerja memiliki pengaruh melalui komunikasi terhadap kinerja guru.
Hasil penelitian ini menunjukan nilai koefisien regresi variabel adalah Hubungan variabel kompetensi profesional guru dengan kinerja guru (X1?Y) memiliki nilai koefisien korelasi yang sebesar 0,506 dengan arah positif. Hubungan variabel kepemimpinan kompetensi profesional guru dengan komunikasi kerja guru (X1?Z) memiliki nilai koefisien korelasi yang sebesar 0,729 dengan arah positif. Hubungan variabel budaya kerja guru dengan kinerja guru (X2?Y) memiliki nilai koefisien korelasi yang sebesar 0,124 dengan arah positif. Hubungan variabel budaya kerja guru dengan komunikasi kerja guru (X2?Z) memiliki nilai koefisien korelasi yang sebesar 0,245 dengan arah positif. Hubungan variabel komunikasi kerja guru dengan kinerja guru (Z?Y) memiliki nilai koefisien korelasi yang sebesar 0,349 dengan arah positif.
Kesimpulan penelitian adalah Kompetensi profesional, budaya kerja dan komunikasi kerja guru berada pada klasifikasi tinggi. Kompetensi profesional dan budaya kerja guru mampu meningkatkan komunikasi kerja guru. Ada pengaruh langsung antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru. Ada pengaruh langsung antara kompetensi profesional guru dengan komunikasi kerja guru. pengaruh langsung antara budaya kerja guru dengan kinerja guru. pengaruh langsung antara budaya kerja guru dengan komunikasi kerja guru. pengaruh langsung antara komunikasi kerja guru dengan kinerja guru. pengaruh tidak langsung antara kompetensi profesional guru dengan kinerja guru melalui komunikasi kerja guru. pengaruh tidak langsung antara budaya kerja guru dengan kinerja guru melalui komunikasi kerja guru.